Senin, 16 Agustus 2010

malam ke 7

Alhamdulillah,....
puasaku belum bolong,..:)

setelah buka dengan segelas air ,.aku menemani nenekku untuk sembahyang,.selalu gerimis menemani kami,,seperti tahun lalu,...setiap bulan agustus mereka percaya bahwa leluhur mereka perlu kiriman sembako,.mulai dari uang,.rumah,.pakaian,.makanan,.minuman,.dan semua keperluan manusia hidup ,..nenekku mengirim semua itu dalam simbol,..dan semua barang-barang itu cuma kertas,..aku menemaninya untuk membakar semua itu dibawah pohon beringin yang gede,,disebelah kuil,."kun yam yuin" merekka menyebutnya,.dan aku ketawa-ketiwi,.dalam hati tentunya,..kok orang-orang ini lucu banget,....kertas-kertas itu di anggap nyata,..dan orang-orang yang sudah mati,..hidup layaknya kita yang masih hidup nyata di dunia,..hmmmmm,......sambil komat kamit nenek mengangguk-angguk,...memegang kertas yang setengah terbakar,...aku yang melanjutkan pembakarannya,..(gila) ,....nenek berceloteh,..ini itu,..""wes yo jo keluyuran,,iki aku wei duet,..klambi,..jajan,,panganan,..omah,..kabeh wes,..jo nganggu kami yang masih hidup"",.....kikikiki,..tawaku dalam hati,......:D

dan kabar gembira untuk hari ini adalah nenek tau aku puasa,karena dya melihataku membeli roti,..dya bertanya apakah aku kelaparan,??aku bilang aku puasa,..gak makan gak minum,..dya kaget dan bilang,.."gila,..bisa mati kelaparan kamu,..kamu gak lapar ya??"berapa lama kau puasa,.."??aku bilang satu bulan,..dya kaget,...dan langsung,..."edan,....bla bla bla,....".dan mereka juga tau dengan segera,..yang membuat aku senang,.mereka gak lagi marah-marah sepeti taun-taun sebelumnya,.sungguh senang rasanya,...Alhamdulillah,..aku bebas berpuasa,....

amiin,....

thank GOD,...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar