Kamis, 22 April 2010

Ajal Kapan Datang?

Kemaren sore,ketika aku asik-asik ngenet pakek HP,nenekku yang sedang baca Koran memanggilku,
“A Mui lei kole a,ngo pe lei thai liko (adek kamu kemari,aku kasih kamu lihat ini).”
“Yau me si a..(ada apa..)..?
“lei thai liko.lei ci em ci a liko hai met ye.?yat(1) jin em(5) yan.yan sei co.(kamu lihat ini.kamu tahu tidak ini apa.?1 ribu 5 ratus orang.orang mati.”
“haimeh (oya)”
“liko hai wong keyat yan,koko teijan,hai jinyat ngote kin hai tinsi a.(ini adalah orang2 kemaren,gempa itu ,yang kemaren dulu kita lihat di tivi.”
“wah co me a goite?(wah ngapain mereka?)”
“yenwai goite mo teifong cung,goite co siu loh.(karena mereka gak punya tanah untuk mengubur,mereka bakar loh)”
“me wa..?(apa..)?”
“haiya,…lei thai,goite tiu tiu kemyong a.(iyow,kamu lihat,mereka ‘uncal-uncalne’ gituh)”
“ho ho ho(yo yo yo)”

Sambil manggut-manggut aku dengerin apa yang dya ceritakan.karna aku gak bisa baca tulisan gedek.Sambil nunjuk-nunjuk supaya aku paham bener apa yang dya katakan.Selepas itu semua,..aku tersenyum,betapa takdir gak da yang tau??kapan akan mati ?gak da yang tau.Nenekku tetep ngoceh saja,
“ngo tu em keng sei,tanhai ngo keng yau peng(aku itu gak takut mati,tapi aku takut sakit)”
“yau peng tu hau senfuk,cut hauto jin,ceng yante tamsam,yiko sei emsai senfuk kema(sakit itu sangat melelahkan,butuh banyak uang,buat orang kawatir,jika mati gak usah ngerasakne lelah)”
“ngo ci,yiko leite,..hosi lei tu hau keng sei,yenwai cung hauto ye mei thai,lah ngo thaisai,soyi ngo em keng sei.(aku tau,jika kalian seperti kamu itu sangat takut mati,karna masih banyak hal belum di lihat,lah aku udah lihat semua,jadi aku gak takut mati)”
“mo kem kong lah,lei em keng sei tanhai ngote keng yiko lei sei co.(jo ngomong ngono lah,kamu gak takut mati tapi kami takut bila kamu mati tenan)”

Aku selalu ketawa-ketawa denger nenek selalu bilang pengen mati.Mungkin dya telah bosan hidup,pekerjaanya Cuma jalan jalan doank.dan itu sangat membosankan,apalagi selalu selisih paham ma mantunya,apapun yang dya kerjakan mantunya gak suka,dan mengeluhnya ke aku.tapi kemaren malam aku bener bener ketawa ngakak,karna dya bilang
“ngo em keng sei,tanhai ngo em yiu yika sei ,ngo keng ngo em kin Kaka,ka Kwong kitfen,tanhai ngo sei co la,hemmmmm.(aku gak takut mati,tapi aku gak mau mati sekarang,aku takut aku gak lihat Kaka ,Ka Kwong ‘cucunya’ menikah,tapi aku dah mati hemmm)”
Wkwkwkwkwkwkwk
Aku ketawa2 hingga mereka bilang “Amui siu lie a(adek menertawakanmu)”
Tapi mereka gak marah,karna tau nenek setiap hari ngomong ngunu,….

Dan pelajaran yang aku ambil,.
Selalulah mendekat ma Alloh,karna ajal gak tawar2 .kapan mau mati ya mati,kun fayakun….semua ada di Tangan Alloh,…
Untuk semua yuk tobat,khususnya untuk AKU sendiri,karna tiap hari kerjanya nambah dosa saja,..mugo-mugo diparingipintu maaf, panjang umur,…ben duwe kesempatan lebih banyak untuk NGIBADAH,…

Amin amin amin amin,ya Robbal’alamin….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar